Tips Mendesain Rumah Minimalis Dengan Bijak

Takut Salah Pilih Desain, Inilah 7 Tips Mendesain Rumah Minimalis Dengan Bijak

Property

Rumah minimalis seakan menjadi jenis rumah yang sedang ngetren belakangan ini. Selain karena harganya yang cukup terjangkau, banyak orang yang menyukai rumah ini karena ukurannya yang tidak terlalu besar tetapi tetap mampu menghadirkan sisi kemewahan tersendiri.

Bagi anda yang sedang merencanakan rumah bergaya minimalis, ada baiknya anda memperhatikan dengan betul bagaimana desain rumah minimalis yang akan anda hadirkan tersebut. Untuk anda yang masih belum paham bagaimana cara mendesain rumah minimalis tersebut, anda bisa langsung menyimak ulasan dibawah ini.

Tips mendesain rumah minimalis

Arsitektur rumah minimalis sendiri memiliki ciri simple, elegan, trendi hingga ramah lingkungan. Tak heran apabila jenis rumah seperti ini banyak dipilih oleh masyarakat. Langsung saja simak ulasan dibawah ini dalam mendesain rumah minimalis.

  1. Menentukan bagaimana besarnya lahan untuk rumah

Tips pertama yang bisa anda perhatikan dahulu adalah dengan menentukan bagaimana luas lahan yang akan digunakan. Walaupun rumah minimalis ini tidak membutuhkan lahan yang banyak, akan tetapi anda tetap harus memperhatikan bagaimana luas lahan.

Tentukan bagaimana ukuran lahan depan rumah dan belakang rumah. Ada baiknya anda juga memberikan ruang baik itu dibelakang atau didepan untuk ruang main anak-anak.

  1. Jangan lupa tata sirkulasi udara

Keberadaan sirkulasi udara ternyata sangat penting terutama untuk kesehatan. Rumah yang baik adalah rumah yang dilengkapi dengan sirkulasi udara.  Inilah mengapa anda bisa menerapkan adanya vertilasi. Keberadaan ventilasi ini dapat menjaga kualitas udara didalam ruangan agar selalu terjaga dengan baik.

  1. Memanfaatkan setiap ruang yang ada

Anda memiliki desain rumah minimalis? Anda tidak perlu khawatir apabila rumah anda tersebut akan sempit. Anda tetap bisa menata rumah anda tersebut agar selalu terlihat luas. Caranya adalah dengan memperhatikan setiap ruang yang ada didalamnya.

Agar ruangan di rumah anda tetap terlihat luas, maka anda bisa menghindari menaruh perabotan dengan ukuran besar dan dalam jumlah yang banyak.

  1. Penggunaan pembatas boleh, tetapi jangan berlebihan juga

Keberadaan pembatas ruangan memang berguna untuk memisahkan ruangan di rumah anda. Tetapi terkadang keberadaan pembatas ini akan mengganggu rumah minimalis anda terutama apabila diterapkan berlebihan. Bukannya memiliki rumah yang nyaman, anda justru memiliki ruang gerak terbatas.

Inilah mengapa sebaiknya anda bisa memasang pembatas tersebut hanya untuk memberikan sekat pada ruangan yang penting. Selain itu, anda juga bisa mempertimbangkan untuk menerapkan sekat dengan rak.

  1. Pilih warna cat yang tepat

Jangan sembarangan ketika anda akan memilih cat rumah minimalis anda. Pasalnya warna cat yang anda pilih bisa mempengaruhi bagaimana tampilan rumah anda tersebut. Ada baiknya, untuk menghadirkan kesan yang luas, anda bisa menghindari penggunaan warna yang terang.

Tapi pilihlah warna yang netral dan lembut seperti putih, abu-abu atau warna pastel lainnya.

  1. Penggunaan motif interior yang sederhana

Apabila anda ingin menghadirkan rumah minimalis yang terkesan sederhana dan modern, maka anda bisa mempertimbangkan untuk memanfaatkan motif interior yang lebih sederhana. Inilah yang akan menciptakan rumah anda bernuansa elegan dan luas. Pemilihan motif interior ini tentu harus disesuaikan dengan kebutuhan anda.

  1. Menerapkan desain tangga ramping

Apabila anda akan membuat rumah minimalis dengan 2 lantai maka anda juga harus memperhatikan bagaimana tangga rumah. Usahakan anda menerapkan tangga yang seramping mungkin agar tidak menghabiskan banyak ruang.

Memiliki rumah dengan gaya minimalis memang menjadi keinginan bagi banyak orang. Tapi sayangnya tidak semua orang mampu menghadirkan desain rumah minimalis yang tepat. Itulah pentingnya untuk menyimak tips diatas.